Kamis, 10 Mei 2012

Pengalaman terbang 1st Demo Flight - Sukhoi SSJ 100

Sedikit cerita tentang pengalaman naik 1st demo Flight nya Sukhoi SSJ 100 
( ga bisa terlalu detil yaa Ndon... karena diharuskan lupa :)...

ya pokok nya yg gue inget, gue naik nih di Flight #1, gue duduk di row #3, seat yg tengah, di pinggiran dinding kiri masih ada kumpulan kabel2 kecil yg keluar dari wall nya ke belakang,..

gue tanya ke org Sukhoi, apaan ttuhh?? dijawab: karena pesawat yg digunakan adalah pesawat yg utk test flight, makanya masih ada kabel2 dan peralatan monitor di bagian kursi belakang pesawat.

Beberapa saat kemudian setelah Mas Yudi (dr Trimargha- yg juga ikut hilang beerta adik tercinta sbg F/A Sky) menghitung dan mencocokan daftar penumpang, pintu pesawat ditutup

(seharusnya mas Yudi tdk ikut krn beliau yg pegang manifest tp pintu keburu ditutup, akhirnya ikut deh dia ), pesawat pun push back, dgn capt. Sutitio? (lupa..bener nggak?..manager ops SKY)
duduk di Jump seat, kemudian Flight attendant Sky pun memberi anouncement (tapi tanpa announcement safety procedure) dan kita taking off dari Rwy 24, airborne dengan tepukan penumpang
(norak yaaa??) trus climb normal,.. namun setelah itu terasa pesawat climb dgn rate yg cukup tajam dibanding biasanya... trus bbrp saat kemudian terasa pesawat turn left ...

Sepertinya (kalau ga salah yaa...) kita menuju keaatas Bogor, namun terlihat gunung salak masih di kanan saya,.. setelah 10000ft terasa captain menurunkan speed pesawat hingga minima,..

sangat terasa seperti terbang low speed... dan open Flaps ....kemudian dia open power lagi hingga mendesing.. tak berapa lama mendesing, power terasa low speed lagi ... nah abis itu para
Flight attendant dengan seragam biru Sky Aviation mulai beraksi dengan memberikan Champagne dan minuman ke penumpang2 ...terasa pesawat Bank kekiri kembali ..
dengan rate yg maksmal kayanya deh tau tuh berapa degreesnya ?? miring banget soalnya.....

tak lama kemudian terasa dia Bank kekanan lagi ... Nah kayak2nya sih bank kekanannya lamaaa banget ....kaya 360 deh ....tp gue lupa..ga tau juga....

maklum udah tua,.. kena vertigo pula,.. bingung dah di kanan kiri in gituh.. lost orientation deh gue!!! Oh iyaa terasa sang Kapitan melakukan pengurangan power dan penambahan power
beberapa kali sepertinya sedang menunjukan Performance Engine ex Snecma n Power Jet ke calon user (Sky)

Malah saat itu saya denger bahwa Engine tersebut full thrust bisa 18000 pounds x 2.. sehingga dengan kondisi tertentu pesawat mampu take off dngn hanya membutuhkan Rwy sepanjang 1200 m saja


setelah itu gue jalan ke Cockpit, kayaknya gue satu2nya penumpang yg ke cockpit deh...berdiri dibelakang Capt. Sutitio (jump seat) dan sempet berbincang dgn sang captain,..

gue tanya kita dimana posisinya ...cuma krn inggrisnya sulit dimengerti, akhirnya Capt. Sutitio yg jelasin ke gue bhw kita menuju approaching AL,.. utk intercept ILS 24 HLP...
gue berdiri kira2 5 menitan deh mencoba memperhatikan glass cockpit di depan gue yg mana sebetulnya gue jg gak ngerti cuma "SOK TAU' aja gue... nanya2... :)
(bisa diliat di foto2 gue di page 1, cuma kayaknya over page views jd gak bisa dibuka lagi...:( ) sekarang coba liat di Picasa deh..

Trus kita intercept ILS 24 dan approach dengan smooth lalu kita landed di Rwy24 HLP dengan mulus sekali dan berhenti sebelum taxiway TNI AU, dan tentunya sekali lagi

di ikuti oleh tepuk tangan dan suat suit penumpang (Norak lagi yaa?? ini norak yg ke 2 nih,....) dan kita masuk dan parking via Bravo....

secara awam sebagai penumpang, pesawat sangat bagus sekali, dengan pitch antar seat yg lebar, dan alley yg lebar terasa sangat nyaman buat lalulintas Flight attendant yg gemuk dan berisi,

oh iya di head panel penumpang ga ada lubang AC nya loh jadi kepala kagak ke sentrong AC.. (cocok buat penumpang berkepala botak nih)

Jadi kesimpulan yg gue rasakan pesawat terbang dr 24 HLP kearah bogor, kemudian muter balik ke HLP lagi tanpa melallui pelabuhan ratu atau kepulauan seribu...


Terakhir,.. saya sangat bersyukur kehadirat allah SWT bhw saya tidak ikut lagi di flght ke-2, padahal saat saya turun pesawat, seorang kawan yaitu Dir tek MNA yang janjian sama saya

sebelumnya, baru bisa hadir di HLP jam 13, beliau saya ajak bertemu teman2 dr Sukhoi dan ber-bincang2 di bawah moncong pesawat dengan Pak Nam Tran VP sales utk Asia Pacific dr Power jet dan
Pak Sergei Director Of Sales dr SCAC (Sukhoi), mereka sempat memberikan cindera mata dan mereka berdua sempat mengajak Dir Tek MNA tersebut untuk naik di Flight ke-2
dan gue pun siap menemani beliau utk terbang ke 2.

Sekali lagi
Syukur Alhamdulillah Allah maha Besar, beliau nggak mau karena masih ada rapat yg akan dihadiri sore itu sehingga beliau menolak..
yang paling gila juga, beliau pun menolak untuk masuk ke Lounge tempat acara diadakan (jadi kita bincang2 di apron depan moncong saja),..
saya yakin bila beliau sempet masuk ke dalam lounge dan bertemu Capt. Aan, Capt, Herman, Direktur2 Pelita serta Kolega2 lainya,
Beliau pasti tidak bisa menolak dan akan ikut flight ke2 dan otomatis gue pun pasti nemenin beliau!!


Sekian saja apa yg saya bisa ceritakan, maaf ga ada yg berbau teknik krn saya khawatir bisa dijadikanopini-opini yg 'sesuatu banget' !!



wasslm

andi

ini sedikit pics nya di Picasa:











Engine nya Power Jet




ini Pak Nam Tran dari Power Jet:






seorang sahabat : Yudi - Trimargha rupanya adiknya (Sri Utami salah satu F/A Sky juga hilang bersama Sukhoi




Sang Kapiten :




Sang tukang ngibulnya alias jagoanya:




< Message edited by infohots -- 15/5/2012 16:54:04 >

Tidak ada komentar: